Peserta PKKMB dan BA foto bersama dengan BPH dan Senat Universitas Muhammadiyah Gombong. Foto Humas UNIMUGO

Gombong UNIMUGO – Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dan Baitul Arqam (PKKMB & BA) Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) di Auditorium berlangsung pada Rabu, (2/10/2024).

Turut hadir Ketua BPH UNIMUGO dr.Fatah Widodo, Sp.M., M.Kes, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen Puji Handoko, S.Ag.,M.Pd, Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong Widiantoro Tri Atmaji, M.Pd, Wakil Rektor I – IV UNIMUGO dan Strukutural UNIMUGO serta seluruh karyawan.

Podo Yuwono, M.Kep Ketua Panitia PPKMB dan BA 2024 mengatakan jazakumullah khoiron kepada jajaran pimpinan UNIMUGO yang telah memberikan pengarahan dan mendukung secara pendanaan serta motivasi sehingga acara ini dapat terselenggarakan dengan lancar, insya Allah.

‘Lebih lanjut, bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama dalam sebuah tim, maka dibuat sebuah tim itu tidak ada yang namanya superman,  sukses dan tidaknya kegiatan tergantung pada kinerja superteam’, tegasnya.

Untuk itu perlu kami sampaikan bahwa Kegiatan PKKMB dan BA tahun 2024 diikuti oleh 669 yang terdiri dari 469 Mahasiswa Reguler A secara offline dan 200 Mahasiswa Reguler B secara online. ‘Kegiatan PKKMB dan BA merupakan salah satu cara mengenalkan kepada mahasiswa baru bagaimana iklim budaya akademik yang nantinya akan mereka lalui selama menempuh pendidikan di UNIMUGO’, ungkapnya.

Yang terakhir kami berpesan kepada seluruh panitia agar melayani mahasiswa yang menuntut ilmu menjadi keluarga besar UNIMUGO kita layani dengan baik. Serta kami sampaikan juga, apabila dalam pelayanan kami selama sebelum mulai dari teknikal meeting sampai acara selesai masih banyak kekurangan, kurang sopan ataupun santun dalam melayani, mudah-mudahan dimaafkan setulus-tulusnya, tuturya.

Karena tidaklah lebih baik dari panitia daripada peserta karena sesungguhnya panitia hanya melayani, dan orang yang paling mulia disisi Allah tetapi orang yang bertaqwa diantara kalian, ‘Inna akromakum indallahi atqokum: Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti. (QS. Al-Hujurat:13)’, tutupnya.

Sarwono, M.Kes Wakil Rektor III pada saat sambutan. Foto Humas UNIMUGO

Sambutan Rektor oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan

Rektor UNIMUGO dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Rektor III Sarwono, M.Kes menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada seluruh mahasiswa baru, yang sedianya berdiri disini dan memberikan sambutan, beliau Ibu Rektor Dr. Herniyatun, M.Kep., Sp.Mat. Namun pada kesempatan yang mulai ini beliau berhalangan hadir karena sedang Rakornas di forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Jakarta.

Sehingga pada kesempatan ini beliau hanya menitipkan salam kepada mahasiswa baru “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”.

Pada pagi hari ini “Rapat Senat pada Agenda Penerimaan Mahasiswa Baru”, untuk itu yang pertama kami sampaikan adalah selamat datang kepada seluruh mahasiswa yang nantinya akan melakukan proses di UNIMUGO. “Mudah-mudahan dalam kurun waktu yang ditentukan bagi yang diploma akan berproses selama 3 tahun dan yang program sarjana akan berproses selama 4 tahun yang nantinya akan bertemu kembali dalam Sidang Senat dalam agenda wisuda”, terangnya.

Rangkaian selamat datang akan dikemas dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dan Baitul Arqam. Ini adalah kewajiban perguruan tinggi secara umum sesuai pedoman, bahwa setiap mahasiswa baru untuk diperkenalkan dengan kegiatan di UNIMUGO dengan miniatur pembelajaran, mudah-mudahan kegiatan ini menggembirakan baik untuk mahasiswa baru dan panitia, ujarnya.

Pembelajaran yang menggembirakan akan mendapatkan interaksi yang baik, sehingga di acara Pengenalan Kehidupan Kampus ini diambil manfaatnya sebaik-baiknya”.

‘Rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus juga terdapat Baitul Arqamnya, karena di Perguruan Tinggi Muhammadiyah adalah perguruan tinggi yang berciri khas keislaman, maka dari mahasiswa akan dibawa kepada karakter-karakter yang menggembirakan sesuai dengan kritikal atau batasan Islam’, terangnya.

‘Perlu kami sampaikan kepada seluruh peserta, bagi peserta di luar Muhammadiyah kami UNIMUGO akan menerima dengan baik, bahkan dari non muslim pun di Muhammadiyah akan diterima dengan baik,tegasnya.

Sehingga tidak ada istilah paksaan dalam ideologi, hanya saja paling tidak dari peserta dapat melihat dalam kehidupan sehari-hari dalam tuntunan yang luar biasa. Maka dari itu insya Allah ketika peserta ikuti dengan baik maka akan memperoleh ilmu yang baik pula.

dr.Fatah Widodo, Sp.M., M.Kes Ketua BPH UNIMUGO pada saat sambutan dan menceritakan flashback 45 tahun yang lalu ketika Beliau mengikuti masa orientasi mahasiswa. Foto Humas UNIMUGO

Pesan Ketua Badan Pembina Harian UNIMUGO

dr. Fatah Widodo, Sp.M.,M.Kes Ketua Badan Pembina Harian pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB dan BA ini merupakan kesiapan panitia dalam menyambut mahasiswa baru dengan tujuan menyampaikan pesan dalam masa transisi menjadi mahasiswa untuk melewati proses menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

‘Kegiatan ini tidak lain adalah untuk menciptakan generasi atau alumni yang kelak memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, berdaya saing global, sekaligus sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah yang tangguh’, ucapnya.

Flashback 45 tahun yang lalu, dr.Fatah menceritakan pengalaman saat orientasi atau jaman dulu disebut OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Namun sebelum OSPEK juga dikenal sebagai MAPRAM (Masa Bakti Pra Mahasiswa) atau peralihan dari jenjang SMA ke perguruan tinggi.

Beliau menceritakan bahwa jaman dulu kalau OSPEK itu isinya perpeloncoan dapat dipahami sebagai upacara inisiasi atau kegiatan yang harus dilalui untuk memperoleh keanggotaan dalam suatu komunitas, ungkapnya.

Namun seiring berkembangnya era dan zaman, lama kelamaan dan di update oleh pemerintah untuk OSPEK tidak ada istilah namanya perpeloncoan. Sehingga pada kegiatan kali ini insya Allah akan lebih banyak yang menggembirakan.

“Selamat mengikuti kegiatan PKKMB dan BA UNIMUGO dengan baik, ambil dan memanfaatkan ilmu yang didapatkan dan bisa diamalkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, tegasnya

Hadirkan Narasumber Baitul Arqam Ekspert pada Bidangnya

Pada kegiatan Baitul Arqam yang merupakan rangkaian dari kegiatan pengenalan kehidupan kampus, akan menghadirkan narasumber – narasumber yang Ekspert pada bidang keilmuannya. Adapun narasumber pada kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru diantaranya

1.        Fajruli Budiarto, S.Si. Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Pertama Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kebumen dengan materi : Pengenalan Keselamatan, Kesehatan, Kerja dan Lingkungan (K3L);

2.        Kapten Inf. Agung Kurniawan, Kaur Ops Dodik Secata rindam 4 Diponegoro dengan materi : Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara;

3.        Moh. Mudzakir., S.Sos., M.A., Ph.D : Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dengan materi: Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industry 4.0 dan Society 5.0;

4.        Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M Direktur Ponpes Modern Al Muflihun Temanggung dengan materi: Risalah Islam berkemajuan

5.        Ustadz Mintaraga Eman Surya, Lc.,MA Pimpinan Pondok Pesantren Fastabiqul Khoirot Purwokerto dengan materi: Paradigma Berpikir Kritis “Kunci Membentuk Insan Berintegritas”

6.        Muhammad Zuhron Arofi, M.Pdi Sekretaris Majelis Pendidikan Kader PWM Jateng dengan materi: Internalisasi Nilai-Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan

7.        Prof. Dr. Azam Syukur Rahmatullah., S.H.I., M.S.I., M.A., M.Psi, C.PNLP Guru Besar UMY dengan materi: Pengembangan karakter mahasiswa

8.        H. Dodok Sartono, S.E., M.M ( Sekretaris PWM Jawa Tengah dengan Materi Mengenal Muhammadiyah Lebih Dekat

9.        Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A Ketua PWM DIY dengan materi: Revitalisasi Gerakan Intelektual Pemuda Islam;

10.    Dr. Muhammad najih Farihanto, S.I.Kom., MA. Ph.D Majelis Tabligh PP Muhammadiyah dengan Materi: Motivasi (Menjadi Mahasiswa Yang Islami dan Humanis dalam Menyongsong Era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity ( VUCA ).