Sambutan dari Ketua PKM Hendri Tamara Yuda, M.Kep saat Sosialisasi Kesehatan di PCA Sempor. Dok.Foto Istimewa

Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Gombong menggelar program Peningkatan pengetahuan dan keterampilan deteksi dini dan pencegahan hipertensi pada kader dan jamaah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Sempor pada Kami 25 Juli 2024. Kegiatan ini adalah program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) internal kampus. Tim Dosen yang terlibat yaitu Hendri Tamara Yuda, S.Kep., Ns., M.Kep selaku ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Ernawati, S.Kep., Ns., M.Kep dan Rina Saraswati, S.Kep., Ns., M.Kep.. sebagai anggota tim PKM serta 4 mahasiswa Prodi Keperawatan Program DIII.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan deteksi dan pencegahan hipertensi pada keluarga. Kegiatan ini diikuti 50 kader dan jamaah PCA Sempor yang dilaksanakan di Masjid Nouroh Awud Al Husaini Selokerto.

Dalam sambutannya Ketua PCA Sempor, Noor Aliyah menyampaikan terima kasih atas kerjasama dalam program PKM. Noor Aliyah menyampaikan bahwa saat ini banyak sekali orang menderita hipertensi tanpa sepengetahuan orang tersebut, melalui program ini kader diharapkan lebih menjaga kesehatan diri serta keluarga masing-masing.

Kegiatan diawali dengan pengukuran tensi dan cek gula darah untuk kader, kemudian pemberian materi deteksi dan pencegahan hipertensi, serta praktik deteksi hipertensi menggunakan alat pengukur darah. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dengan aktif memberikan pertanyaan terkait materi yang dibawakan.

Ernawati, M.Kep pada saat melakukan Tensi kepada jamaah di PCA Sempor. Dok.Foto Istimewa

Anggota PKM (Mahasiswa) Melakukan tensi pada jamaah PCA Sempor. Dok.Foto Istimewa