SUASANA EXPO KEWIRAUSAHAAN DI LOBY GEDUNG REKTORAT (DOK. FOTOHUMAS UNIMUGO)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gombong mendadak menjadi pedagang aneka makanan, minuman, hasil kerajinan, sabun dan berbagai produk lainnya, Rabu (27/12/2023). Dengan berbagai strategi para mahasiswa mempromosikan dan menawarkan produk dagangannya kepada para pengunjung yang melalui stan mereka bahkan tanpa gengsi/malu keliling menawarkan ke dosen & karyawan dengan rayuan khas mahasiswa.

Sekitar 31 kelompok mahasiswa yang berasal dari Program Studi (Prodi) Kebidanan Program Sarjana, Keperawatan Program Diploma Tiga, Farmasi Program Sarjana & Teknik Industri Program Sarjana, menggelar bazar Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini, sekaligus untuk memeriahkan seminar kewirausahaan yang diselenggarakan secara bersamaan.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gombong Dr. Herniyatun, M.Kep, Sp. Mat menjelaskan, bazar Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM)  ini Merupakan praktik mata kuliah kewirausahaan.

Secara berkelompok mereka menerapkan teori wirausaha yang diberikan di bangku kuliah. Dengan praktik semacam itu, para mahasiswa dapat melatih manajemen usaha hingga pemasaran, ujarnya.

Melalui mata kuliah wirausaha, imbuh dia, diharapkan di dalam setiap mahasiswa tumbuh jiwa wirausaha. Diharapkan mereka menjadi mahasiswa yang mandiri, kreatif dan pantang menyerah, tandasnya.