PENYERAHAN SERTIFIKAT KEJUARAAN PADA KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA TINGKAT JATENG & DIY (DOK.FOTO ISTIMEWA)

Gombong – Unimugo, Baru-baru ini tepatnya pada Selasa 12 Desember 2023 mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) meraih predikat juara 3 dalam ajang Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa tingkat Jateng & DIY Tahun 2023 yang diadakan oleh Fakultas Hukum Universitas Semarang.

Kompetisi yang bertema “Pemilu 2024: Momentum Penguatan demokrasi Indonesia yang Berintegritas” tersebut dilakukan dengan sistem kelompok, dan tim Mahasiswa Hukum Unimugo terdiri dari Diana Novita, Dewi Novitasari dan Dimas Amal Kurniawan dengan mengambil tema “ Fenomena Buzzer Politik Dalam Pemilihan Umum Sebagai Ancaman Terhadap Tetrogasi Demokrasi “.

Walaupun Prodi Hukum Unimugo baru 3 tahun berdiri,  akan tetapi mahasiswa Prodi Hukum Unimugo mampu menyisihkan 17 kontestan dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta ternama, melenggang mencapai babak final dan berhasil meraih peringkat tiga.

“Capaian ini tidak terlepas dari usaha keras tim dan arahan dari dosen pembimbing (Kuni Nasihatun Arifah, S.H., M.H  dan  Noor Rahmad, S.H., M.H) yang telah membimbing selama 2 minggu, mulai dari pemilihan tema, reverensi dan beberapa artikel yang kami baca. “ Alasan memilih tema tentang Buzzer karena kami sebagai pemilih pemula menyadari bahwa buzzer telah memberikan dampak kemunduran demokrasi di Indonesia, apa lagi belum ada undang-undang yang mengatur terkait black campange dan terlebih lagi YLBHI ( Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia ) 2023 telah merilis bahwa sangat sulit untuk menghilangkan  buzzer politik dari dunia maya,  sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk mengatasi masalah buzzer politik di Indonesia “ terang Diana, mahasiswa Prodi Hukum Unimugo semester 3. “Ini adalah kali ke dua Prodi Hukum Program Sarjana Unimugo mengikuti kompetisi serupa, walaupun belum meraih juara 1 akan tetap bersyukur dan terus berusaha dengan mengasah kemampuan & menambah wawasan untuk tampil lebih baik” tutupnya.