Penyembelihan Hewan Kurban di Rumah Pemotongan Hewan Gombong. Dok.Foto Humas UNIMUGO

Gombong UNIMUGO – Idul Adha, yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari besar dalam Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah. Pada tahun 1445 Hijriyah, umat Muslim di seluruh dunia kembali merayakan momen ini dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur.

Idul Adha memiliki makna yang sangat dalam, mengingatkan kita pada kisah Nabi Ibrahim AS yang menunjukkan ketaatannya kepada Allah SWT dengan kesediaannya untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS. Namun, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba, sebagai bentuk ujian dan rahmat-Nya.

Perayaan Idul Adha biasanya diawali dengan salat Idul Adha yang dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka. Setelah sholat, umat Muslim melanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Daging hewan kurban ini kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, tetangga, dan keluarga, sebagai simbol rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Universitas Muhammadiyah Gombong pada Idul Adha 1445 H berkesempatan mendistribusikan sebanyak 1370 paket daging kurban dengan jumlah 3 ekor sapi disembelih mandiri, 1 ekor diserahkan ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan 4 ekor kambing untuk dibagikan kepada masyarakat dan warga Muhammadiyah di sekitar Gombong.

Penyembelihan dilaksanakan pada Senin, 17 Juni 2024 oleh panitia di rumah pemotongan hewan Gombong kemudian dibuat paket daging yang siap diberikan kepada yang membutuhkan.

Nampak Rektor UNIMUGO Dr.Herniyatun, M.Kep.,SP.Mat dan segenap panitia kurban dalam pengolahan daging kurban di halaman kampus. Dok.Foto Humas UNIMUGO

Berikut sohibul qurban pada Idul Adha 1445 H di Universitas Muhammadiyah Gombong:

  1. Ida Beta Nursanti
  2. Widyastuti
  3. Isma Yuniar
  4. Desi Arianti
  5. Rina Saraswati
  6. Eka Riyanti
  7. Ari Purwanti
  8. Abas Surojo
  9. Bambang Utoyo
  10. Agus Riyanto
  11. Ike Mardiati Agustin
  12. Nurlaila
  13. Dyah Puji Astuti
  14. Wuri Utami
  15. Herniyatun
  16. Aris Kusdianto
  17. Desy setyowati
  18. Arum Cita
  19. Peni Susilowati
  20. Pini Rasmini
  21. Aditya
  22. Shodaqoh Mahasiswa dan Karyawan
  23. Shodaqoh Bank BSI Gombong