Menko PMK RI Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.AP didampingi Ketua PDM dan Ketua Majelis Ekonomi Bsnis dan Pariwisata PWM Jateng, Ketua PDA Kebumen serta Rektor UNIMUGO saat penandatangan peresmian Gedung Kebumen Muhammadiyah Center (Dok.Humas UNIMUGO)

Gombong Unimugo – Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) berkesempatan ditunjuk menjadi tuan rumah oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen (PDM) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah (PWM) pada peringatan Milad Muhammadiyah ke-111.
Puncak Milad Muhammadiyah ke-111, PDM Kebumen mengadakan tabligh akbar dengan menghadirkan pembicara Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.A.P, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) pada Sabtu, 18 November 2023 di Auditorium UNIMUGO. Sedangkan PWM Jawa Tengah melalui Majelis Ekonomi mengadakan Expo dengan bertajuk Muhammadiyah Jawa Tengah Expo di Sport Center Unimugo dan Rakerwil Majelis Ekonomi PWM yang digelar pada hari Jum’at – Ahad, 17 – 19 November 2023.

Hadir pada kesempatan tabligh akbar, Ir. Yahya Fuad, S.E selaku Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis Pariwisata PWM Jawa Tengah, Puji Handoko, S.Ag., M.Pd Ketua PDM Kebumen, Rektor Unimugo Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp.Mat, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong dr. Muhammad Miftahudin, Direktur RS PKU Muhammadiyah Sruweng dr. Hasan Bayuni, MMR, Ketua BPH UNIMUGO dr. Fatah Widodo, Sp.M., M.Kes, PCNU Kebumen dan Pimpinan LDII Kebumen serta Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya, Puji Handoko, S.Ag., M.Pd, menyampaikan rasa syukur pada tahun 2023 ini genap 1 tahun sejak awal diletakannya batu pertama pembangunan Kebumen Muhammadiyah Center oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si, dan akhirnya pada acara puncak Milad Muhammadiyah ke-111 gedung tersebut bisa diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.AP.

Menko PMK RI Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.AP. pada kegiatan tersebut menyampaikan Muhammadiyah sudah seharusnya ikut berperan aktif dalam program pemberdayaan masyarakat lebih khusus untuk daerah terisolir di Indonesia.

Tercatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca Pandemi Covid-19 Indonesia menduduki peringkat ke-3 ASIA setelah Cina dan India dengan pertumbuhan 5.17%, ungkap Menko PMK RI yang juga sekaligus Ketua PP Muhammadiyah.

Lebih lanjut Menko juga berpesan kepada MEBP PWM Jateng tidak hanya mendukung namun juga berperan dalam Pembangunan sektor ekonomi dengan yaitu salah satunya dengan mengadakan kegiatan Muhammadiyah Jawa Tengah Expo, ungkapnya.

“Selain itu, kita bersama-sama untuk bisa menyelaraskan program yang sudah ada dan mengembangkan program baru yang relevan dengan kebutuhan Masyarakat saat ini”, pungkasnya.

Ketua Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (MBEP) PWM Ir. M. Yahya Fuad, S.E menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan kita dari sektor ekonomi, bisnis dan pariwisata di Jawa Tengah agar semakin berkembangan, salah satunya dengan kegiatan expo UMKM yang diadakan di Sport Center UNIMUGO.

MBEP PWM Jateng menggagas untuk membuat pabrik alat kesehatan (alkes), dengan tujuan bisa memenuhi kebutuhan alkes untuk rumah sakit Muhammadiyah di Kebumen diantaranya RS PKU Muhammadiyah Gombong, RS PKU Muhammadiyah Sruweng, RS PKU Muhammadiyah Petanahan dan RS PKU Muhammadiyah Kutowinangun ataupun RS PKU Muhammadiyah di Jawa Tengah dan seluruh Indonesia , ungkapnya.

Foto Bersama Usai Kegiatan Tabligh Akbar di Audiotorium UNIMUGO (Dok.Humas UNIMUGO)

Tingkatkan Produk UMKM Jawa Tengah

“Harapan besar kami UMKM di Jawa Tengah bisa andil dalam pergerakan ekonomi melalui usaha dari jual beli produk sendiri dalam bidang apapun”, tutupnya.

Rektor UNIMUGO disela-sela kegiatan menyampaikan, “semoga UMKM yang mengikuti kegiatan Muhammadiyah Jawa Tengah di UNIMUGO bisa lebih mengenalkan produknya ke masyarakat dan memajukan usahanya”, ungkap Dr. Herniyatun, M.Kep., Sp.Mat./TAY