Foto Penandatangan Berita Acara Kegiatan Asesmen Lapangan dari LAM-PTKes. Dok.Humas UNIMUGO

Gombong Unimugo – Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menggelar Asesmen Lapangan (Akreditasi) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehagan (LAM-PTKes) yang dilaksanakan pada hari Rabu – Sabtu, 21 – 24 Ramadhan 1444 H /12 – 15 April 2023.

Pembukaan kegiatan diawali kultum oleh Puji Handoko, S.Ag.,M.Pd selaku ketua LPPIK UNIMUGO yang menyampaikan tentang audit dalam Islam. Audit dalam Islam dilakukan dengan cara muhasabah dengan menghitung kekurangan agar kita dapat tawadhu untuk berikhtiar dalam suatu hal. Orang yang rajin melakukan muhasabah termasuk dalam ciri sebagai orang yang bertaqwa. “Manusia hanya bisa berikhtiar sebaik-baiknya, dan pada akhirnya sang penentu yaitu Allah SWT”, ujarnya.

“Mudah-mudahan asesmen lapangan Prodi Pendidikan Profesi Bidan di bulan suci Ramadhan menjadi ladang berkah untuk tim asesmen, dan Prodi Profesi Bidan diberikan kemudahan dalam menyampaikan hal-hal yang diperlukan dalam proses asesmen”, tutupnya

Proses pembukaan dan akreditasi Program Studi memanglah tidak mudah, dari awal UNIMUGO membuka Prodi Pendidikan Profesi Bidan dan sampai saat ini kami berkomitmen akan selalu mengupgrade dan menyesuaian tata kelola, studi lanjut dosen dan tendik, sarana prasarana dan berupaya mengejar akreditasi agar dapat penilaian dari LAM PTKes sesuai harapan, ungkap Rektor UNIMUGO Dr.Herniyatun,M.Kep.,Sp,Mat pada sambutan pembukaan Asesmen Lapangan.

“UNIMUGO merupakan Amal Usaha Muhammadiyah yang terletak di kecamatan Gombong kabupaten Kebumen, namun kami optimis dengan meningkatnya animo masyarakat kita dapat menyerap mahasiswa untuk studi lanjut di UNIMUGO”, tandasnya. “Alhamdulillah semenjak dibukanya program studi Kebidanan Program Sarjana dan Profesi Bidan peminatnya cukup memberikan daya tarik kepada calon mahasiswa yang ambil program studi tersebut’, tegasnya.

‘Perlu kami sampaikan bahwa selain program studi tersebut, sebelumnya proses akreditasi Prodi Kebidanan Program Diploma III meraih predikat akreditasi “Unggul”, harapannya proses asesmen lapangan/akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Bidan juga akan mendapatkan predikat “Baik Sekali”, tutupnya.

Anjarwati, S.SiT., MPH Tim Asesmen LAM-PTKES saat sambutan. Dok. Humas UNIMUGO

Tim Asesmen Bangga kepada UNIMUGO

Anjarwati, S.SiT., MPH mewakili tim Asesmen Lapangan dari LAM-PTKes yang hadir di UNIMUGO menyampaikan “tadi disebutkan oleh Rektor, bahawa UNIMUGO berada di sebuah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, namun pas awal kita memasuki area kampus yang saya kira cukup luas dan bangunan yang megah walaupun di sebuah Kecamatan. “Alhamdulillah UNIMUGO dalam tahap permohonan dolumen sudah lengkap untuk itu dapat di proses lebih lanjut untuk asesmen lapangan. Kami sampaikan bahwa memang terdapat beberapa Perguruan Tinggi yang baru sampai pengumpulan dokumen belum bisa untuk di proses lebih lanjut ke tahap asesmen lapangan, UNIMUGO satu step sudah terlewati”, ungkapnya.

Kami bertugas untuk verifikasi di lapangan kemudian kami sampaikan ke majelis LAM-PTKes untuk pemberian nilai. Tentunya ketika sudah ada usaha dan diimbangi do’a akan semoga akan memperoleh hasil yang baik, seperti barusan qultum yang disampaikan oleh Ustadz Puji Handoko”, jelasnya.

Tim Asesmen Berkunjung ke Kantor Desa, Desa Selokerto. Dok.Humas UNIMUGO

Sembilan Standar Kriteria

Kriteria asesmen lapangan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan ada Sembilan kriteria yang terdiri dari

  1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
  3. Kemahasiswaan
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian kepada Masyarakat
  9. Luaran dan Capaian: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat

Asesmen lapangan yang berlangsung selama 4 hari ini asesor melakukan wawancara dengan pengelola fakultas dan program studi, memeriksa dokumen dan wawancara dengan perseptor klinik, stakeholder, mahasiswa, dosen serta tenaga kependidikan prodi Pendidikan Profesi Bidan. Asesor LAM PTKes juga meninjau tempat praktik klinik mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan yaitu RS PKU Muhammadiyah Gombong, PMB Restu Bunda, Puskesmas Sempor I, dan Desa Selokerto. Saat di wahana praktik asesor memastikan bahwa lahan praktik tersebut dapat memenuhi kompetensi mahasiswa dengan banyaknya varian kasus, kelengkapan sarana prasarana pembelajaran klinik serta proses bimbingan klinik.

Meskipun Prodi Pendidikan Profesi Bidan adalah prodi yang baru berjalan 1 tahun akademik, namun UNIMUGO optimis akan mendapatkan peringkat  Baik Sekali serta dapat berkontribusi dalam menciptakan tenaga bidan yang profesional.//TAY

 

https://icab.brown.gob.ar/dana/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisata.rembangkab.go.id/ntoto/ https://newepaper.jawapos.co.id/system/sgacor/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://training.dhis2.org/mod/ads/ https://m3.inpt.ac.ma/ads/ https://plataformavirtual.fespugt.es/ads/ https://priet.pens.ac.id/import/ads/

https://2023.pakbejo.jatengprov.go.id/file/ https://www.ui.ac.id/wp-content/site/ https://eoffice.mubakab.go.id/csss/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://2021.pakbejo.jatengprov.go.id/json/ https://sigastra.radenintan.ac.id/pasti-zgacor/ http://mesin.ft.unand.ac.id/plugins/json/ https://khazanah.umsu.ac.id/?/eropa/ https://mbc.rri.co.id/storage/lama/exports/sertifikat/22/23/-/ http://brebes.pramukajateng.or.id/wp/
https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ https://pengaduan.ikippgriptk.ac.id/images/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/