Foto bersama Pembicara dan Peserta. Dok: Humas UNIMUGO

Foto bersama Pembicara dan Peserta. Dok: Humas UNIMUGO

Unimugo Gombong – Universitas Muhammadiyah Gombong gelar talkshow dan skrening kesehatan mental mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes). Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Unimugo dengan Prodi MARS UMY yang dilaksanakan hari Rabu, 8 Maret 2023 di ruang kuliah 1.

Hadir pada kesempatan ini wakil rector III bidang Al Islam Kemuhamadiyah, Mahasiswa dan Alumni Sarwono, M.Kes, Dekan FIKes Eka Riyanti, M.Kep., Sp, Kep, Mat dan Wakil Dekan FIKes Ike Mardiati, M.Kep, Sp,Kep.J., Pembimbing Prodi MARS dr.

Salah satu kegiatan ini bagian dari peningkatan suasana akademik mata kuliah keperawatan jiwa 2 program studi keperawatan program sarjana FIKes Unimugo

Rektor Unimugo yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Wakil Rektor III  Sarwono, M.Kes menyampaikan pesan kepada mahasiswa FIKes Unimugo bahwa kesehatan itu penting baik rohani maupun jasmani. Dimana kegiatan takshow dan skrening kesehatan mental mahasiswa untuk membangun suasana akademik di FIKes itu lebih menyenangkan dalam proses studi, sehingga mahasiswa nyaman ketika sedang proses perkuliahan.

‘Kesehatan mental sangat mendukung faktor keberhasilan peningkatan suasan akademik, baik dari dosen dan mahasiswa harus sama-sama memahami alur keanekaragaman karakter dari masing-masing’, ungkapnya.

Mahasiswa dapat melakukan hal-hal sederhana yang dapat mencegah dan mengurangi stres serta kecemasan, seperti olahraga atau aktivitas fisik, istirahat cukup, melakukan hobi, tetap bersosialisasi dengan orang dekat bisa keluarga, sahabat maupun saudara, dan apabila stres atau kecemasan terasa berat dan mengganggu, tidak segan untuk bercerita ke orang yang dipercaya atau mencari pertolongan kepada professional, ujar dr, Weni Ph.D

Pemaparan Materi dari dr. Rahmawati, Sp.K.J., M.Kes. Dok: Humas UNIMUGO

dr. Rahmawati, Sp.K.J., M.Kes RS PKU Muhammadiyah Gombong mengatakan bahwa terdapat dua langkah utama yang bisa dilakukan untuk menangani peningkatan stres dan kecemasan. Pertama, mencari tahu tentang kondisi kesehatan diri melalui skrining mandiri. Kedua, menentukan sikap dan langkah sesuai dengan kondisi kesehatan saat ini.

Gangguan kecemasan bisa timbul akibat dari beberapa faktor, dari genetik, syaraf, keluarga, pertemanan atau percintaan dan juga lingkungan sekitar. Untuk menanggulangi masalah seperti ini’, ungkapnya