Ike Mardiati, M.Kep, Sp.K.J dalam memberikan terapi psikososial di Wadasmalang. Sumber: Dok.Humas UNIMUGO

Gombong Unimugo – Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan sebagian wilayah Kebumen mengalami tanah longsor dan banjir, desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung merupakan daerah terparah akibat dampak bencana alam tersebut.

UNIMUGO bersama KSR PMI UNIMUGO bekerjasama dengan Dinsos Kebumen melaksanakan teraphy psikososial kepada warga yang dilaksanakan hari Kamis, 20 Oktober 2022 di Balaidesa Wadasmalang. Hadir secara langsung Kepala Desa dan segenap jajaran staff pemerintahan desa, tim Psikososial Kabupaten Kebumen serta perwakilan dari Unimugo.

Program ini merupakan program kerja tanggap bencana dari kolaborasi antar instansi di Kabupaten Kebumen diantaranya, UNIMUGO, Dinsos Kebumen, RSDS Kebumen dan KSR PMI UNINUGO. Kegiatan psikososial ini merupakan wujud aksi nyata kepedulian UNIMUGO dan Pemerintah Kebumen dalam memberikan pelayanan dukungan kesehatan jiwa bagi warga terdampak banjir dan tanah kongsor di desa Wadasmalang.

Ike Mardiati Agustin, M.Kep.,Sp,Kep.,J selaku tim psikososial Kabupaten Kebumen memberikan teraphy psikososial kepada warga dengan tujuan untuk mengurangi dan menghilangkan trauma dari warga yang terdampak bencana tersebut. Harapannya setelah warga diberikan terapi ini, warga segera pulih dari trauma agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasa, pungkas Ike yang juga merupakan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNIMUGO.

Disisi lain, Yulia, Psi yang merupakan anggota tim psikososial Kebumen (Psikolog RSDS Kebumen) turut menyampaikan trauma merupakan tekanan emosional dan psikologis yang besar terhadap orang yang sedang atau baru saja mengalami suatu kejadian yang sangat menyedihkan. Warga Wadasmalang sangat butuh untuk kita dukung secara kesehatan jiwanya agar segera pulih pasca bencana banjir dan tanah longso,tutupnya.

Dalam kegiatan ini, KSR PMI UNIMUGO turut andil dalam melaksanakan pemeriksaan kepada warga Wadasmalang diantaranya cek Kesehatan mulai dari Tensi, Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah.