Sambuan Kaprodi Pendidikan Profesi Ners Wuri Utami, M.Kep. Sumber foto: Dok Humas Unimugo

Gombong – Unimugo, Program Studi Profesi Ners Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) melepas 116 mahasiswa untuk di praktek di Rumah Sakit dan Lahan. Pelepasan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 September 2022 di Ruang Teather.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Rektor III Sarwono, M.Kes, Wakil Rektor IV Dadi Santoso, M.Kep, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Eka Riyanti, M.Kep., Sp, Mat, Wakil Dekan FIKes Ike Mardiati A., M.Kep., Sp.Kep.J, Ketua DPK PPNI UNIMUGO Hendri Tamara Yuda, M.Kep dan Kaprodi Pendidikan Profesi Ners Wuri Utami, M.Kep serta segenap dosen dan mahasiswa Pendidikan Profesi Ners.

Kegiatan ini ditandai oleh pembacaan komitmen mahasiswa praktek profesi ners dan menandatangani surat keterangan kesediaan mengikuti praktek dan mematuhi peraturan baik di Rumah Sakit, Lahan maupun Kampus yang diwakili oleh Moh.Yubi dan Vina Widianingsih.

Dalam sambutannya Wuri Utami, M.Kep menyampaikan bahwa tujuan pelepasan atau caping day ini untuk membekali dan memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa yang akan menempuh lebih kurang 1 tahun untuk pendidikan profesi ners. Mahasiswa ners itu sudah lulus sarjana keperawatan sehingga secara skill harus sudah menguasai, karena sudah pernah praktek dari Ilmu Dasar Keperawatan, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak dan Maternitas dan sebagainya.

“Wuri juga berpesan, kepada mahasiswa profesi ners harus bisa pro aktif kepada pembimbing akademik maupun pembimbing lahan (preceptor)”, pesannya.

Rektor UNIMUGO melalui Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dadi Santoso, M.Kep menjelaskan bahwa mahasiswa pendidikan profesi ners secara skill itu sudah baik, namun apabila skill itu tidak dipakai lambat laun akan menghilang dan lupa. Mahasiswa Profesi Ners akan Praktek di Rumah Sakit diantaranya RSUP Margono Purwokerto dan RS PKU Muhammadiyah Gombong serta Lahan Komunitas yang ada di Desa Pekuncen Kecamatan Sempor, Kebumen.

“Kami dibidang kerjasama, berpesan kepada mahasiswa profesi ners ini, jaga nama baik intansi, karena kalianlah yang akan menentukan nanti untuk praktek adik kelas kalian. Alhamdulillah UNIMUGO selama ini sudah angkatan ke 14 yang praktek profesi ners di RSUP Margono Purwokerto, tentunya karena kami bermkomitmen untuk menjaga nama baik UNIMUGO”, tandasnya.

Sarwono, M.Kes,Selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan pada arahan untuk mahasiswa dari bidang kemahasiswaan yang paling utama adalah sikap atau attitude untuk itu jaga sikap termasuk sopan santun baik kepada karyawan dimana mahasiswa profesi ners praktek maupun kepada pasien yang ditangani. “Mahasiswa pofesi tentunya berbeda dengan mahasiswa baru yang ambil sarjana, harapannya mahasiswa profesi bisa menjadi contoh adik-adik kelasnya”,tutupnya.