Gombong-Unimugo,  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzuhijah 1443 Hijriyah atau Idul Adha 1443 H dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Juli 2022. Ketetapan ini dituangkan dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Maklumat itu ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto pada 3 Februari 2022.

Adapun penentuan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Pimpinan Muhammadiyah Wilayah (PWM) Jawa Tengah memberikan imbauan pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijryah. Hal ini mengingat pelaksanaan Idul Adha yang bersamaan dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan jenis sapi atau hewan kurban.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Dr. K.H. Tafsir, M.Ag mengatakan, semangat berkurban tidak boleh terhambat oleh PMK. Namun, harus tetap berjalan dengan memahami ketentuan dalam menjalankan kurban.

”Perlu memahami soal segi kesehatannya. Bisa menggandeng dinas kesehatan, sehingga hewan yang dibeli benar-benar bebas dari PMK. Selain itu hewan yang digunakan untuk berkurban tidak cacat,” katanya, Selasa (5/7/2022).

Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) mendasar keputusan PP Muhammadiyah PWM untuk itu pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriyah dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Unimugo dengan berkoordinasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gombong, Ketua PCM Gombong Widiantoro Tri Atmaji, M.M menghimbau seluruh Warga Muhammadiyah untuk melaksanakan sholat Id bisa dilaksanakan di Masjid, Mushola ataupun bisa dilapangan daerah setempat, sementara Rektor Unimugo Dr. Herniyatun, M.Kep, Sp.Mat menghimbau kepada seluruh Karyawan Unimugo bisa mengikuti Sholat Idul Adha di Kampus.

PCM Gombong menggelar Sholat Id bersama di Halaman Unimugo yang disiapkan dapat menampung 1000 jama’ah. Adapun persiapan dilaksanakan H-1 atau hari Jum’at, 8 Juli 2022. Sholat Idul Adha 1443 H akan diimami oleh Ustad Zaid Akbar Ramadan, LC dan Khatib oleh Ir. H. M. Yahya Fuad, S.E.