UKM Forbas UNIMUGO Jadi Tour Guide Wisatawan Mancanegara

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gombong mendampingi Wisatawan Asing di Menganti

Gombong – Unimugo, Forum Bahasa (Forbas) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam pengembangan bahasa asing di Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo). Unimugo menyediakan sarana, prasarana dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri, memperluas dan meningkatkan kecendekiawanan sesuai minat dan bakat melalui UKM. Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Forbas dibekali dengan kecakapan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang dari luar negeri, hal ini terlihat dari kecakapan yang dimiliki dalam memandu dan menemani tamu dari mancanegara.

Unimugo yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah bagian selatan dan dekat dengan pesisir pantai memiliki potensi yang sangat baik karena dapat memperkenalkan tempat wisata bagi tamu yang berasal dari mancanegara. Pada tahun 2019 yang lalu menjadi hari terburuk bagi tempat wisata karena adanya pandemi, namun di tahun 2022 ini sudah mengalami pelonggaran dan tempat wisata mulai dibuka. Hal ini juga menarik perhatian orang mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia khususnya di Kebumen, Jawa Tengah dan ini menjadi kesempatan bagi Unimugo memperkenalkan wisata di Kebumen melalui tamu yang datang dari mancanegara. 

Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah, bersih, nyaman. Ketika suatu tempat wisata sudah menjadi primadona bagi wisatawan domestik dan mancanegara harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Hal ini turut menjadi perhatian Unimugo, terbukti di hari Sabtu, 4 Juni 2022, UKM Forbas Unimugo menjadi bagian dari tour guide beberapa turis dari berbagai negara untuk berkunjung di tempat wisata di Kebumen, khususnya di Pantai Menganti.

Menjadi tour guide tentu bukanlah hal yang mudah, namun bagi mahasiswa anggota Forbas Unimugo tidak merasa sulit karena mereka sudah diberi bekal untuk dapat berbahasa international terutama bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan adanya mahasiswa yang menjadi tour guide untuk wisatawan dari manca negara. Selain itu, mahasiswa yang menjadi tour guide ini tentu memiliki kemampuan lain selain bahasa, yaitu kemampuan yang sesuai dengan jurusan mereka seperti di bidang kesehatan. Skill tambahan mahasiswa dapat membuat para guests atau visitors menjadi tenang karena mahasiswa sudah dibekali dengan kemampuan dalam penanganan emergency ketika terjadi hal- hal yang tidak diingin dalam exploring tempat wisata.

Salah satu dari foreigners, Aiman yang berasal dari Maroko sempat diwawancarai secara terpisah, dia mengatakan “I do really enjoy this journey with these buddies, they are very smart and Menganti is very beautiful beach” saya sangat senang dengan teman-teman Forbas mereka sangat pandai dan pantai Menganti ini sangatlah indah. 

Sebagai UKM yang bergerak pada pengembangan kemampuan bahasa asing bagi anggotanya, Forbas Unimugo dapat menjadi pendukung perkembangan SDM tempat wisata di Kabupaten Kebumen serta siap bersinergi untuk mengantarkan wisatawan terkhususnya bagi para wisatawan asing yang ingin mengexplore wisata di Kebumen baik itu wisata bahari (pantai,dll) atau wisata konservasi (gua, dll)  

 

Lokasi: dua dari kiri adalah Aiman salah satu wisatawan asing dari marocco yang ikut serta di damping mahasiswa dalam kunjugan di manganti.(kiri ke kanan)