62 DOSEN UNIMOGO IKUTI BAITUL ARQAM

Gombong-Unimugo, Baitul Arqam yaitu Pembinaan kepada karyawan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang keislaman, keberagaman, kebersamaan dan kekompakan karyawan atau tim guna mencapai tujuan dari Muhammadiyah.

Kegiatan Baitul Arqam diselenggarakan guna lebih memahamkan hakikat Muhammadiyah. Salah satu materi yang diberikan dalam Baitul Arqam yaitu Paham Agama dalam Muhammadiyah, yang menjelaskan prinsip ibadah yang benar, karena Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah dan tajdid untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Baitul Arqam Dosen Unimugo yang diikuti 62 dosen Unimugo dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad, 3-4 Jumadhil Akhir 1443H/5-6 Februari 2022 di Ruang Kuliah 1 Lantai 2 Gedung Rektorat. Pada sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Rektor Unimugo Dr.Herniyatun menyampaikan pesan kepada seluruh dosen untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja sebagai dosen.

Dengan mengusung tema “Mewujudkan Dosen Sebagai Kader Persyarikatan yang Berkarakter dan Mencerahkan” diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas dosen karenakan sebagai dosen bertanggungjawab dalam memberikan dan mentransfer ilmu kepada mahasiswa. Dengan kegiatan Baitul Arqam, tentunya moment yang sangat baik untuk merefresh atau menyegarkan khasanah keilmuwan kita dengan dibekali materi-materi yang bagus dari narasumber.

“Kepada dosen Unimugo silahkan diikuti dengan baik supaya kita senantiasa dapat ilmu-ilmu yang baru dari narasumber. Bagi dosen yang baru bergabung walapun mungkin sudah pernah mengikuti diwaktu lain tapi tidak apa-apa”,tutupnya.

Asep Bachtiar Purnawa, M.Si mewakili Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas penyambutan  beliau dan team di Unimugo. Serta berharap agar Baitul Arqam bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan mohon ijin menyampaikan materi-materi nantinya dari awal sampai akhir apabila banyak kekurangan kami sampaikan mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Puji Handoko, S.Ag.,M.Pd selaku ketua panitia menyampaikan Baitul Arqam Dosen sekarang akan ada 11 Materi dengan narasumber dari Majelis Tarjih dan Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun nama-nama narasumber dan materinya antara Lain yang pertama Manhaj Tarjih Muhammadiyah oleh: Dr. Ruslan Fariadi, M.SI. (Majelis Tarjih PP MUH), Materi 2 Hakikat Islam-1: Peran Tauhid dalam Kehidupan Oleh: Asep Purnama Bahtiar, M.Si., Materi 3:  Manajemen Organisasi & Akhlak Bermuhammadiyah  Oleh: H. Abduh Hisyam, S.Ag. (Ketua PDM Kebumen), Materi 4: Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih Oleh: Imam Hanafi, M.Pd., Materi 5:  Profil Kader & Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah oleh: Muhammad Aziz, M.Cs., Materi 6: Outbound (Low Impact) oleh: Tim MPK PP Muhammadiyah, Materi 7: Metode Pemahaman Agama Islam oleh: Asep Purnama Bahtiar, M.Si., Etos Kerja Kader Muhammadiyah oleh: Widiantoro Tri Atmaja, MM (Ketua PCM Gombong), Materi 9: PHIWM: Mengembangkan Profesi oleh: Muhammad Aziz, M.Cs., Materi 10:  PTM sebagai Media Dakwah dan Kaderisasi oleh: Imam Hanafi, M.Pd., Materi 11: Post-Test dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh: Muhammad Aziz, M.Cs. (MoT).