Gombong – Unimugo, Prof.Dr.Chairil Anwar, M.Sc Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melantik Dr.Hj.Herniyatun, M.Kep.,Sp.Mat sebagai Rektor UNIMUGO di Aula lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Gombong hari Kamis, 30 Desember 2021

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, S.H. bersama istri, Forkompinda Kebumen, Forkompincam Gombong dan sejumlah Tokoh Muhammadiyah dari Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Drs.KH Tafsir, M.Ag, Pimpinan Daerah Muhamammadiyah Kebumen KH.Abduh Hisyam S.Ag dan sekertaris Mul’an Anafati, M.Pd , Pimpinan Cabang Muhammadiyah Widiyantoro Tri Atmaja, M.M,  Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UNIMUGO dr.Fatah Widodo, Sp.M.,M.Kes serta Mantan Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad S.E dan rekanan intansi Muhammadiyah maupun Pemerintahan.

Dr.Hj.Herniyatun menyampaikan pada pelantikan ini beliau mengingat betul momen lima tahun yang lalu ketika beliau mendapatkan amanah dari PP Muhammadiyah untuk memimpin sebagai Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong. Tapi apa boleh buat, karena ini amanah yang diberikan kepada saya, saya harus Samina Wa’atona terhadap perintah Persyarikatan, amanah tersebut saya terima dengan lapang dada, dengan ikhlas, sabar, syukur penuh tanggung jawab dan tawakalloh.

Ada beberapa PR waktu itu, yang Alhamdulillah secara bertahap ditata kembali. Termasuk salah satu tugas dari Persyarikatan yang diamanahkan kepada saya untuk merubah bentuk STIKES menjadi Universitas, dan Alhamdulillah pada tahun ini dapat terealisasi perubahan bentuk melalui penggabungan dengan STTM menjadi UNIMUGO 

Kami dapat menjalankan tugas dan Amanah dari persyarikatan semata-mata atas pertolongan dan karuania dari Allah SWT. Semua itu tentu saja bukan hasil kerja saya pribadi, melainkan kerja tim hebat yang ada di STIKES dan STTM. Tanpa pertolongan Allah dan adanya tim hebat, semua tidak akan terwujud. 

Dalam sambutannya, Dr. Hj Herniyatun juga menyampaikan terimakasih kepada semua tim hebat dari Unimugo, tim dosen yang telah berkarir dengan peningkatan Jabatan Fungsional Dosen, walaupun saat ini belum ada professor kita berproses terhahap percepatan jabatan fungsional. Tim tendik yang telah memberikan pelayanan dengan excelent service 

Tim AIK yang telah berhasil menyemarakkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan bagi civitas akademika di Unimugo, dan kemarin beberapa AUM di sekitar meminta sharing experience bagaimana sistem yang dibentuk di Unimugo, walaupun menurut WR 3 H.Sarwono, M.Kes, Unimugo baru kulitnya, tapi nanti 4 tahun ke depan akan sampai ke isinya.

Tim penjaminan mutu, tim IT, tm publikasi hasil riset dan pengabdian yang berikan ditarget minim-minimnya jurnal terakreditasi sinta akan tercapai 5. 

Kepada seluruh tim hebat di Unimugo, beliau juga mengucapkan terimakasih dan sangat berharap kerja hebat akan dilanjutkan dalam periode kepemimpinan 4 tahun ke depan, karena sekali lagi tanpa bantuan semua unit semua karyawan, semua mahasiswa kita tidak akan bisa mencapai visi Unimugo.

Semoga Allah SWT berkenan melimpahkan pertolongan dan karunia-Nya kepada saya, sehingga saya diberi kemampuan untuk mengemban amanah ini dengan baik. Dengan pertolongan Allah dan kerja sama tim yang hebat, saya percaya bahwa Visi Menjadi Universitas Unggul, Inovatif dan Islami pada tahun 2041 akan tercapai, dan tagline kami  UNIMUGO Berkarakter dan Mencerahkan dapat diwujudkan.

Berkarakter kata lainnya adalah berakhlak, tentunya berakhlak yang baik, akhlakul karimah. Karakter ini kami bagi menjadi dua hal, pertama karakter moral dan yang kedua karakter kinerja. Karakter moral itu seperti: jujur, ikhlas, sabar, syukur dll. Adapun karakter kinerja itu diantaranya: disiplin, kerja keras, ulet, tanggung jawab dll. Dua sisi karakter ini harus menyatu. Tentu kita tidak ingin misalnya ada karyawan dan mahasiswa yang jujur tapi malas, atau pekerja keras tapi tidak jujur dan sebagainya.

Adapun mencerahkan berarti karyawan UNIMUGO harus mampu membuat cerah lingkungan. Mencerahkan yang dimaksud harus mencerahkan hati, pikiran sikap dan perilaku atau dalam kata lain tercerahkan kognitif afektif dan psikomotor.  

“Berkarakter dan mencerahkan ini harapannya bukan hanya brand dan slogan yang yang terpampang di tulisan, tetapi harus mampu kita aktualisasikan dalam kehidupan nyata“, Ujar Rektor UNIMUGO sesaat setelah dilantik.

Sambutan juga disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah Prof.,Dr.,Ir.,Muhammad Zainuri, DEA secara virtual. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Kebumen H.Arif Sugiyanto S.H., Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanotama, S.I.K.,M.H. dan  Dandim Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri SIP, Ketua DPRD Kebumen H.Sarimun, S.Sy bersama-sama juga menyampaikan sambutan dan ucapan atas dilantiknya Dr.Hj.Herniyatun sebagai Rektor Unimugo periode 2021- 2025.

Kepala Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Prof.Dr.Chairil Anwar, M.Sc memberikan sambutan dalam rangka Pelantikan Rektor UNIMUGO Periode 2021-2025 ini diberikan barokah dari Alllah SWT. Selamat kepada ibu Dr.Hj.Herniyatun atas amanah yang diberikan oleh PP Muhammadiyah untuk memimpin UNIMUGO, “mudah-mudahan ibu senantiasa diberikan Kesehatan dan tetap semangat untuk memajukan UNIMUGO ini”, pungkasnya.

Sambutan Drs.KH Tafsir, M.Ag, UNIMUGO merupakan Universitas ke-9 dari 25 Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Tengah. Sehingga kemungkinan wilayah Jawa Tengah mempunyai Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbanyak di Indonesia. Kebumen telah sempurna dilihat dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dari Pendidikan Dasar sampai perguruan tinggi sudah ada. “Maka tugas PD Muhammadiyah Kebumen memeratakan kader-kader akademisi untuk mengembangkan AUM yang ada”, Tutup Ketua Pimpinan Wilayah (PWM) Jawa Tengah itu.