Wisuda Perdana setelah Menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong Tahun 2021

Sabtu,16 Rabbiul Awwal 1434 H | 23 Oktober 2021

Gombong – Universitas Muhammadiyah Gombong melaksanakan Sidang Terbuka Senat dengan Agenda Tunggal Wisuda Program Diploma, Program Sarjana dan Angkat Sumpah Profesi Ners. Wisuda perdana yang sebelumnya masih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) pada tahun 2021 sudah menjadi Universitas. Gladi bersih dilaksanakan hari Jum’at, 22 Oktober 2021, sebelumnya wisudawan dan wisudawati telah cek kesehatan dengan rapit antigen.

Wisuda tahun 2021 berbeda dengan sebelumnya, Rektor Unimugo Dr.Hj.Herniyatun,M.Kep,Sp.Mat secara langsung menyematkan pemindahan tali toga kepada 519  wisudawan dari Program Studi Keperawatan Diploma III, Kebidanan Diploma III, Keperawatan Sarjana,Farmasi Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Ners A dan B,sebuah bentuk penghargaan kepada wisudawan di tahun 2021 ini karena langsung di sematkan tali toganya oleh Rektor.

Jumlah tersebut terdiri dari 75 lulusan Prodi Diploma III, 41 Wisudawan Prodi Kebidanan Diploma III, 98 Wisudawan Program Keperawatan Sarjana, 52 Wisudawan Prodi Farmasi Program Sarjana, 127 Wisudawan Pendidikan Profesi Ners A dan B sejumlah 126 orang.

Wisuda kali ini diberikan penghargaan kepada 18 lulusan berprestasi dengan dari masing-masing Program Studi. Lulusan terbaik I di raih oleh Apriani Eka Wardati dari Program Studi (Prodi) Keperawatan Diploma III dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.97 dengan skala 4.00, Nova Destry Fabya Prodi Kebidanan Program Diploma III dengan IPK 3.62, Aninditya Ananda Novitasari Prodi Keperawatan Program Sarjana dengan IPK 3.90, Yayu Krisdiyanti Prodi Sarjana Progran Farmasi dengan IPK 3.78, Aisya Oktaviani Wulandari Prodi Pendidikan Profesi Ners A dengan IPK 4.00 dan Priya Dwi Saputra Prodi Pendidikan Profesi Ners B dengan IPK 4.00.

Rektor Unimugo Dr.Hj.Herniyatun,M.Kep.Sp.Mat memberikan sambutan,dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan Alhamdulillah, pada tahun akademik 2021/2022 ini, jumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gombong adalah 1587 (seribu lima ratus delapan puluh tujuh) dengan jumlah mahasiswa baru 553 (lima ratus lima puluh tiga) mahasiswa. Alumni sejumlah 7045 (tujuh ribu empat puluh lima) yang telah bekerja di instansi kesehatan, non Kesehatan dan wirausaha baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada Universitas Muhammadiyah Gombong. Kami sadar bahwa amanat yang diembankan kepada Kami sangat berat, akan tetapi  insya Allah Kami akan selalu menjaga kepercayaan ini dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja”, pungkasnya dalam sambutan.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Pada sisi SDM, kami terus meningkatkan pendidikan dan kompetensi para dosen. Saat ini sejumlah 13 dosen sedang proses menempuh Pendidikan S3 di perguruan tinggi di dalam dan diluar negeri. Sejumlah 3 Tenaga kependidikan sedang menempuh Pendidikan S2, dan 6 tenaga kependidikan sedang mengambil jenjang Sarjana dan Diploma Tiga. Kami sampaikan jumlah dosen yang menerima sertifikasi pendidik sejumlah 25 atau 48% dari jumlah dosen. Dosen dengan jabatan lektor sejumlah 23 % sehingga berbagai upaya akan kami lakukan untuk meningkatkan jumlah tersebut agar kualitas pendidik akan semakin meningkat.

10 Sistem Infomasi Manajemen (SIM) yang dikembangkan yaitu:

  1. Sistem informasi akademik di http://simak.unimugo.ac.id/
  2. Sistem informasi kepegawaian (simpeg) yang bisa di akses di http://simpeg.unimugo.ac.id/
  3. E-learning/ LMS (learning management system) di http://edu.unimugo.ac.id/
  4. Web etik yang bisa diakses di http://kepk.unimugo.ac.id/ dan sistem informasi etik  https://simepk.unimugo.ac.id
  5. Sistem Layanan perpustakaan di https://library.stikesmuhgombong.ac.id/
  6. Sistem Layanan inventaris https://simam.wakafmu.org/
  7. Sistem telusur alumni https://tracerstudy.unimugo.ac.id
  8. Sistem penjaminan mutu di https://simutu.unimugo.ac.id
  9. Sistem informasi kemahasiswaan di https://simmawa.unimugo.ac.id
  10. Sistem persuratan di https://simrat.unimugo.ac.id yang kami gunakan untuk mendukung tata Kelola yang baik.

Di bidang pendidikan kami bersama tim pengembang kurikulum telah membuat formula sistem pembelajaran baru untuk mengantisipasi semakin pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi dalam era revolusi industri 4.0 sehingga kurikulum dan metode pendidikan pun menyesuaikan dengan iklim bisnis dan industri yang semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Peningkatan kualitas tersebut, Kami senantiasa menjalin kerja sama dengan stake holder dengan instansi baik dalam maupun luar negeri”, tutupnya. (AdiY)