Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UNIMUGO Gelar Sunat Massal

Gombong – Unimugo, Pada hari Senin, 20 Juni 2022, 10 Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan sunat masal & santunan pendidikan di Masjid Nuurul Hidayah Pasar Wonokriyo, Gombong.

Kegiatan yang diadadakan oleh Bidang Sosial Masyarakat Masjid “Nuurul Hidayaah” tersebut diisi dengan pembagian bantuan santunan pendidikan untuk anak-anak Sekolah Dasar, kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran ulang peserta khitan yang disertai dengan pembagian baju muslim dan sarung. Selanjutnya peserta sunatan massal di kirab keliling daerah pasar dengan parade pasukan drumband dari SMKN 1 Puring, iring-iringan anak-anak SD, ambulance siaga LAZISMU Gombong, MDMC Kebumen, dan Hizbul Wathan. Kegiatan kirab turut diamankan juga oleh personil dari Komando Rayon Militer (Koramil) dan Kepolisan Sektor (Polsek) Gombong.

Setelah dikirab keliling, anak-anak kemudian dipersiapkan untuk disunat. Mahasiswa IMM Unimugo melakukan pendampingan kepada peserta yang akan disunat dengan memberikan motivasi agar berani dan semangat untuk mengikuti sunat masal. Selain mendampingi peserta, mahasiswa IMM juga membantu dalam persiapan dan pelaksanaan sunatan.

Setelah disunat, anak-anak pun diberikan obat guna penanganan atau perawatan luka pasca sunat, kemudian mereka diabadikan foto para peserta khitan sebagai salah satu kenang kenangan yang diberikan, dan kemudian para peserta pun diperbolehkan kembali ke rumah.

Ernawati, M.Kep selaku dosen pembina IMM Unimugo menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sunatan massal bertujuan untuk melatih skill dan meningkatkan empati serta kepedulian sosial bagi mahasiswa. Beliau juga menyampaikan, selain kegiatan sunatan massal, mahasiswa IMM Unimugo juga sering terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya seperti dalam penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Kebumen dan sekitarnya.