Unimugo bentuk Desa Binaan di Kecamatan Sempor

Gombong-Unimugo, Salah satu dari Misi Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo) adalah Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat secara Inovatif dalam Pengembangan Komunitas. Implementasi dari misi tersebut adalah dengan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen dengan Program Desa Binaan.

Pada hari Kamis, 16 Juni 2022 bertempat di Balai Desa Pekuncen, team dari Unimugo melakukan diskusi Program Desa Binaan dengan Pemerintahan Desa Pekuncen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Pekuncen Hasto Nugroho, S.Pd, Sekretaris Desa Eko Prasetya beserta Jajaran Pemerintahan Desa, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dekan Fakultas Sains dan Humaniora, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kaprodi dari masing-masing Fakultas.

Pada sambutannya, Hasto Nugroho, S.Pd menyampaikan selamat datang kepada team Unimugo dan terima kasih atas pemilihan Desa Pekuncen sebagai mitra dalam program Desa Binaan yang harapannya nanti akan memberikan dampak positif baik untuk Desa Pekuncen sendiri maupun untuk Unimugo. ‘Kami siap mendukung program dari Unimugo untuk diselaraskan dengan program yang ada dari Desa’ ujar beliau.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dadi Santos, M.Kep menjelaskan maksud dan tujuan Unimugo untuk Program Desa Binaan yang merupakan Implementasi dari Kerjasama Catur Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan. ‘Implementasi tersebut tentunya dengan mensinergikan program yang ada di Desa dan Unimugo’, ungkapnya.

Diskusi tersebut untuk menyelaraskan program kedua belah pihak dimana program dari Unimugo yaitu program SDgS (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan di Desa Pekuncen dengan menerapkan 18 item pokok pembahasan yaitu :

  1. Desa Tanpa Kemiskinan
  2. Desa Tanpa Kelaparan
  3. Desa Sehat dan Sejahtera
  4. Pendidikan Desa Berkualitas
  5. Keterlibatan Perempuan Desa
  6. Desa Layak Air Bersih
  7. Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan
  8. Pertumbuhan Desa Ekonomi Merata
  9. Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan
  10. Desa Tanpa Kesenjangan
  11. Kawasan Pemukiman Desa Aman dan Nyaman
  12. Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan
  13. Desa Tanggap Perubahan Iklim
  14. Desa Peduli Lingkungan Laut
  15. Desa Peduli Lingkungan Darat
  16. Desa Damai Berkeadilan
  17. Kemitraan untuk Pembangunan Desa
  18. Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Adaptif