MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN SARJANA DIBEKALI PELATIHAN MANAJEMEN NYERI

Gombong-Unimugo, Manajemen Nyeri merupakan komunitas prosedur medis yang bertujuan untuk meredakan atau menghilangkan nyeri pada pasien. Nyeri itu sendiri pada dasarnya suatu sensasi yang tidak menyenangkan atau menyakitkan yang muncul akibat rusaknya jaringan tubuh dan dapat menimbulkan dampak secara fisik dan psikis. Nyeri yang dirasakan pasien dikelola dengan melakukan pemantauan secara berkelanjutan dan terencana.

Universitas Muhammadiyah Gombong membekali Pelatihan Manajemen Nyeri kepada mahasiswa Keperawatan Program Sarjana. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena selain menambah wawasan mahasiswa juga dapat mengasah skill secara langsung bersama narasumber dari Himpunan Perawat Anestesi Indonesia (HIPANI). Kegiatan ini dilaksanakan secara Hybird yaitu menggunakan daring dan luring.

Pelatihan Manajemen Nyeri dilaksanakan dari hari Kamis-Ahad, 3-5 Februari dengan 2 hari secara daring melalui video conference dan 2 hari secara offline. Kegiatan offline dilaksanakan di Aula Lantai 3 dengan tujuan ruang yang representative dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Materi yang disampaikan dari narasumber HIPANI diantaranya:

  1. Tatalaksana Nyeri Akut oleh Dr. Susilo, Sp.An. KNA.KAO
  2. Tatalaksana Nyeri Kronis dan Terapi Modalitas Farmakologi
  3. Terapi Modalitas Farmakologi Dr. Suparno Adi Santika Sp.An.,KIC
  4. Terapi Modalitas Non Farmakologi Waryono, S.Kep.,Ns.SIP.,M.Kes
  5. Skrining, Assesment, dan observasi nyeri Mustakim,S.Kep.,Ns.M.Kes
  6. Terapi Modalitas Nyeri Farmakologis Halipah, S.Kep.,Ns.M.H.Kes
  7. Skrining, Assesment, dan observasi nyeri Florence,
  8. Terapi Non Farmakologi Terapi Relaksasi Otot progresif Waryono,S.Kep.,Ns.SIP,M.Kes
  9. Askep Nyeri Psikologi Nyeri Mustakim,S.Kep.,Ns
  10. Terapi Modalitas Nyeri Farmakologis Skrining, Assesment, dan observasi nyeri Halipah, S.Kep.,Ns.M.H.Kes

Dalam sambutannya Rektor UNIMUGO Dr.Herniyatun, M.Kep,Sp.,Mat berterimakasih kepada para narasumber yang hebat dari Himpunan Perawat Anestesi Indonesia (HIPANI) pusat Jakarta. Beliau juga berharap agar mahasiswa Prodi Keperawatan Program Sarjana siap mengikuti dengan baik dengan harapan mahasiswa bisa menerapkan skill / ketrampilannya setelah mengikuti kegiatan ini.

“Kepada mahasiswa Prodi Keperawatan Program Sarjana pelatihan ini sangat bagus silahkan diikuti jangan sampai ada materi yang terlewatkan. Karena untuk pematangan skill diperlukan untuk mengikuti kegiatan pelatihan seperti ini”,pesan Herni.